Sistem Informasi Absensi


Sistem Informasi Absensi adalah alat yang digunakan untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan. Kantor, perusahaan, dan institusi pendidikan adalah beberapa contoh organisasi yang menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis.

Sistem Informasi Absensi memiliki peranan yang sangat penting bagi pemimpin / pemilik instansi untuk mengotomatisasikan pencatatan kehadiran karyawan. Itulah mengapa, perangkat ini harus tersedia di kantor.

Sistem Informasi Absensi digunakan secara luas oleh badan atau perusahaan tertentu khususnya yang memiliki jumlah karyawan yang banyak. Fungsionalitas mesin absensi sangat bermanfaat bagi perusahaan apapun karena mendata kehadiran karyawan yang banyak tentunya tidaklah mudah apalagi jika masih dilakukan dengan cara menulis pada daftar hadir atau mengecek mereka satu per satu di ruangan / meja kerja.

Kepala perusahaan atau organisasi sangat terbantu dengan adanya mesin absensi karena kemampuannya untuk memudahkan pelacakan hadir tidaknya karyawan dan mendapatkan data akurat tentang kehadiran karyawan. Selain itu, mesin absensi juga dapat difungsikan untuk menghitung jam kerja karyawan mulai dari masuk hingga pulang kantor.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pembangunan Sistem Informasi Absensi adalah :

  1. Memberikan data akurat terhadap kehadiran pegawai di Lingkungan Perusahaan.
  2. Perwujudan proses transparansi hasil kinerja pegawai kepada eksekutif yang tidak terbantahkan, dimana data maupun informasi tersebut secara tersistemasi (satu aplikasi dengan aplikasi lainnya)
  3. Mewujudkan reward yang berkeadilan yaitu berjalan secara baik atau insentif – insentif secara obyektif yang berdampak pada peningkatan semangat kerja dalam mencurahkan tenaga bagi setiap kegiatan – kegiatan di lingkungan perusahaan.

Manfaat yang akan didapatkan dari menggunakan aplikasi ini adalah:

  1. Kehadiran manajemen (sumber daya manusia) di perusahaan akan meningkat secara siginifikan dikarenakan sistem yang akan melakukan perhitungan dan tidak mudah untuk dimanipulasi.

Kehadiran tersebut diharapkan dapat meningkatkan gairah dalam bekerja ketika dikaitkan dengan remunerasi, yaitu penghargaan pegawai terhadap kerja lebih, yang dimana selama ini penghargaan tersebut sama sekali tidak ditemukan karena tidak ada ukuran yang dapat dipercaya.

Terdapat beberapa modul yang ada disistem informasi absensi :

A. modul kehadiran

 untuk mengelola kehadiran harian pegawai

B.modul Izin

Izin

Izin Terlambat

Izin Keluar Sementara

Izin Pulang Cepat

C. modul laporan 

 Harian

Laporan Bulanan

Laporan Bulanan Rinci

Laporan Tukin

Rekapitulasi AbsensiLaporan

Laporan Rekap Absen Tahunan

Terbaik dan Terburuk (3 orang)

D. modul setting  

Departemen

User

Hari Kerja

Hari Libur

Status Hari Kerja Pegawai

 

  Implementasi Produk Aplikasi Absensi

1. Login Absensi 

2. Home Absensi 

 

3. Fitur Absensi  

-absensi Daftar Izin kehadiran

-Absensi daftar kehadiran manual harian

-Absensi Data Pegawai